About Me

Kuli kata-kata, content writer, dan menulis ulasan film sebagai hobi. Kadang nyambi jadi guru bahasa Inggris buat training instansi, kalo jodoh (tapi belum pernah sukses ngelobi buat ngajar bahasa Elf). Sekarang juga coba menulis buku, iseng menerjemahkan video TED menggunakan Amara Subtitle Editor, dan mengirim cerpen ke The Jakarta Post. Penggemar berat Tolkien yang tidak hanya doyan baca buku beliau yang sudah diadaptasi jadi film, tapi juga yang jarang didengar; niat banget deh pokoknya (sampai ke tahap pernah mikir nyoba main jalangkung dan manggil arwah Tolkien, tapi nggak jadi karena takut kuotanya mahal). Sok punya blog padahal jarang ditulisin, tapi sekali nulis, selalu ingin membuat artikel yang unik, menarik dan syukur-syukur bisa mencerahkan, memberi inspirasi atau minimal menghibur. Tinggal di Balikpapan, tapi jatuh cinta dengan Yogya, dan impian terbesarnya adalah bisa jalan-jalan ke Donegal di Irlandia, lalu menghabiskan waktu sambil santai di daerah perbukitan dan baca buku Tolkien, berharap naga serta Elf cakep keluar.

haldir04

  Kalau bisa yang begini (ngarep)

Belajar seni pedang Jepang (kenjutsu) dan ikut klub berkuda saat kuliah, dan sejak itu selalu merasa hidup di jaman yang salah. Lulusan Fakultas Psikologi UGM, angkatan 2003, tapi jangan ngarepin teori-teori canggih keluar di blog ini kecuali yang saya kutip dari sumber-sumber, karena saya sudah lupa sebagian besar isi buku teks. Blog ini tadinya isinya acak bukan main, tetapi belakangan memang saya niatkan berisi artikel-artikel terkait Tolkien, karena sudah semakin banyak yang saya baca tentang beliau. Hanya blog untuk senang-senang, tetapi sebisa mungkin saya cantumkan sumbernya agar kesahihan bacotan saya bisa dipertanggungjawabkan….

Punya dua blog lain: blog film dan blog cerita-cerita terjemahan. Monggo mampir, kalo panjenengan berkenan.

12 thoughts on “About Me

  1. Halo Mba Putri, Salam kenal 😃
    Saya tertarik sama karya Pak Tolkien. Bisa dibilang saya merupakan newbie fans atau penggemar karya beliau.
    saya sudah menonton film lotr sama film th dan saya sudah baca novelnya yang saya pinjem dari perpus sekolah.
    saya ingin meminta advice mba nih, buku apa saja yang bisa saya baca selain the silmarillion, HoME, dan the adventure of tom bombadil, yang berkaitan dengan mythology Pak Tolkien tentunya dan bisa didapatkan dimana saja? karena saya sudah mencari di gramedia online store tapi bukunya unavailable sedangkan di books and beyond bukunya hanha tersedia dalam bahasa inggris.
    oh iya, karena saya sudah baca novel lotr dan th saya juga kepingin membelinya. kalau di books and beyond ada versi MTI dan FTI nah sebaiknya saya beli versi yang mana?
    maaf kalau terlalu panjang dan merepotkan. thank you Mba Putri 😃

    1. Salam kenal juga, Masayu…

      Wow, enaknya di sekolah ada buku The Hobbit dan LOTR…jadi iri. Jaman saya SMA dulu kalau mau baca ya harus beli 🙂

      Maksudnya versi MTI dan FTI itu apa ya? Kalau untuk Middle Earth legendarium, selain The Hobbit dan LOTR, yang lainnya memang belum ada yang diterjemahkan. Setelah baca Hobbit, LOTR dan Silmarillion, buku yang bisa dibaca adalah Children of Hurin, karena gaya bertuturnya sama dengan LOTR sehingga cenderung enak dibaca. Baru setelah itu bisa ke Unfinished Tales dan HoME. Sementara itu, The Adventures of Tom Bombadill berisi kumpulan puisi (ada 16 puisi di dalamnya), jadi kalau suka puisi bisa beli itu. Saya sih dengar kalau buku The Silmarillion dan Tales of the Perilous Realm akan diterjemahkan, tapi sepertinya itu masih lama (dan Tales of the Perilous Realm itu karya kompilasi Tolkien yang lain, yang tidak ada hubungannya dengan Middle Earth, tapi Adventures of Tom Bombadill masuk ke dalamnya).

      Kalau sudah tidak sabar ingin baca yang bahasa Inggris, ya bisa baca Children of Hurin dulu setelah Hobbit, LOTR dan The Silmarillion, karena gaya bahasanya lebih enak. Kalau mau beli buku-buku yang belum diterjemahkan itu secara praktis, bisa pergi ke toko buku impor online seperti Periplus.com dan OpenTrolley.co.id. Sejauh ini saya sudah pernah belanja di kedua toko itu, tapi kelebihan OpenTrolley adalah koleksi karya-karya Tolkiennya lebih lengkap dan biaya pengirimannya tetap (jadi seberapa banyakpun beli, ongkos kirim gak akan naik). Kita harus buat akun dulu dengan password untuk keperluan belanja, tapi setelah itu prosesnya mudah kok. Kedua toko itu nggak mengharuskan kita untuk punya kartu kredit, dan bayarnya bisa transfer lewat bank atau ATM saja.

      Semoga bermanfaat ya.

      1. Wah terima kasih banyak Mba Putri atas infonya. Bermanfaat sekali.
        Oh iya, novel MTI itu kalau tidak salah adalah novel Movie Tie-In, Mba.
        Sekali lagi terima kasih banyak sudah memberikan advice yang sangat bermanfaat. 🙂

  2. Oh, kalau soal pilih buku yang mana tergantung selera: Movie tie-in itu untuk yang tipe up-to-date atau suka dengan versi filmnya, tapi kalau suka yang orisinal ya versi buku aslinya aja. Kalo saya sih lebih suka sampul buku dari penerbit karena nggak generik dan unik, apalagi buku-buku Tolkien versi bahasa Inggris banyak yang punya sampul berbeda (tapi isinya nggak beda kok, sama aja, paling yang beda selain sampul cuma bentuk dan ukuran teks sama mungkin catatan penerbitnya, karena bukan cuma satu penerbit aja yang punya hak cetak karya-karya Tolkien). Kalo ada lihat artikel saya yang tentang ditolaknya adaptasi film The Silmarillion, dan ada lihat foto-foto koleksi Tolkien saya, ada beberapa yang sampulnya warna-warni, kan? Nah, itu ciri khas penerbit yang namanya Del Rey, tapi penerbit lain kayak Balantine Books atau Houghton-Miffin punya sampul berbeda walaupun buku-bukunya dan isinya sama, jadi tergantung kamu beli yang mana. Intinya, antara movie tie-in dan buku sampul penerbit isinya sama aja, tapi sampulnya aja yang beda, jadi tergantung selera.

    Oke deh, selamat berburu 🙂

  3. Halooo!!

    Wah pantes tulisannya keren.. ternyata penulis! Salam kenal kakak! Ugm juga ternyata hehehe.. tapi saya sekarang di jakarta sih.. kalau ke jakarta atau jogja boleh dong jumpa fans, ngobrol2 tentang tolkien..mau berguru saya hahaha.. eh serius loo kalau ada meet up atau jumpa fans, saya minat!!

  4. Halo juga…. Wah ternyata alumni Jogja 🙂 Iya lagi coba-coba jadi penulis, ini juga bukan bestseller, tapi pokoknya senang sudah bisa menuangkan apa yang ingin disampaikan ke atas kertas. Wah, saya kayaknya masih lama ya bisa ke Jogja lagi, tapi asyik kali ya kalo bisa ketemuan pas di sana. Kayaknya tipe yang suka jalan-jalan nih, hehe.

  5. Hayy Mbak Putri…lulusan psikologi ya? Wahh…saya biasanya sangat kepo terhadap orang yang belajar di bidang ini he he *bolehkah? *abaikan**
    “Belajar seni pedang Jepang (kenjutsu) dan ikut klub berkuda saat kuliah”, keren banget dong. Tipe-tipe wonder woman nih :mrgreen:
    BTW, meski saya gak terlalu suka bacaan fantasy, salan kenal aja deh dari Jogja ^^

    1. Wah, salam kenal. Aduh, saya kangen banget ini sama Jogja, udah lama pengen main lagi ke sana, buat nostalgia bentaaarrr…aja, tapi sibuk melulu 😦 hehe, iya, saya mah terhitung abnormal kalo untuk ukuran anak psikologi UGM, waktu itu iseng nyari kegiatan di luar kampus, akhirnya malah nyasar ke klub berkuda yang posnya jauh banget, dan klub kenjutsu di fakultas tetangga. Eh? Mau kepo? Hm…hm, tapi semoga jawaban2 saya bisa dipertanggungjawabkan 😀

  6. mbak putri..coba dong itu um kristoper di lobi biar mau di filmin lagi sama piter jaksen..biar seru ya mbak..oiya di akhir LOTR yg ke tiga ada narasi terakhir klo si sam ada peran tokoh di cerita lain..ada gk kira kira mbak?soale pingin ada lagi film epic karya pak tolkin dan yg handel piter jaksen klo bukan doi gk sreg..suwun mbak

    1. Dilobi? Eh, saya nggak kenal lho sama Christopher Tolkien 🙂 Beliau itu juga orangnya terkenal nggak begitu suka diekspos, kecuali kalau berkaitan dengan karya-karyanya. Jadi, sekali membuat keputusan, itu sudah final bagi beliau, biarpun memohon atau ngancem sekalipun. Maklum, beliau ini punya integritas karya yang kuat dan idealis kayak bapaknya.

      LOTR adalah kisah terakhir dari Middle-earth legendarium, tidak akan ada lagi kelanjutannya karena dari sananya ceritanya emang sudah habis. Christopher Tolkien hanya mengedit dan menerbitkan karya-karya ayahnya yang belum sempat diterbitkan saat meninggal, dan itu nggak semuanya terkait Middle-earth. Jadi, untuk film lainnya saat ini sih sepertinya bisa dilupakan saja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s