Breaking News: Christopher Tolkien Mengundurkan Diri dari Tolkien Estate

cwwckrgxgael3fy

Satu informasi tidak terduga yang saya peroleh dari situs Middle-earth milik penulis dan pengamat fiksi fantasi serta budaya pop, Michael Martinez: Christopher Tolkien ternyata sudah mengundurkan diri dari Tolkien Estate sejak akhir Agustus. Mungkin itu sebabnya mengapa beliau bilang bahwa The Lay of Autrou and Itroun serta Beren and Luthien akan menjadi proyek terakhirnya (dan mungkin itu juga sebabnya kenapa Amazon cukup percaya diri dengan kemenangan deal untuk adaptasi serial). Christopher secara resmi meninggalkan Tolkien Estate pada tanggal 4 September.

Informasi lebih rinci bisa ditemukan di situs Tolkien Society Brazil (gunakan alat penerjemah untuk membacanya). Keputusan untuk menerima tawaran adaptasi dari Amazon kemungkinan dibuat oleh anggota Tolkien Estate yang lebih muda, seperti Simon Tolkien, Michael Tolkien, Baillie Tolkien, dan Steven Andrews. Priscilla Tolkien, putri bungsu J.R.R. Tolkien yang saat ini sudah berusia 88 tahun, tidak ikut ambil bagian dalam urusan terkait hak cipta karya-karya ayahnya.

Bukti dari pensiunnya Christopher ada di halaman Tolkien Estate’s List of Officers, dan terlihat bahwa status Christopher memang sudah dinyatakan “Resigned” sejak 31 Agustus 2017. Alasan mengapa kabar ini baru diketahui kemungkinan karena segala hal yang menyangkut Christopher memang cenderung tidak diketahui orang awam, karena pribadinya yang agak tertutup. Setelah pensiunnya Christopher, mungkin “perang hak” dan diskusi tentang adaptasi akan kembali berkobar, termasuk untuk karya-karya lainnya. Tetapi saat ini belum ada informasi rinci tentang itu, dan saya juga tidak mau berspekulasi sampai ada kabar lebih jelas.

Christopher Tolkien akan berusia 93 tahun dalam beberapa hari lagi, jadi kabar pensiun ini tentu wajar. Lepas dari kehebohan yang mungkin akan terjadi, saya memilih mundur dulu sebentar untuk merenungkan semua jasa beliau. Saya sangat berterima kasih atas apa yang sudah beliau lakukan sepanjang karirnya. Berkat beliau, saya dan semua fans Tolkien lain bisa membaca karya-karya yang mungkin hanya akan terkubur sebagai manuskrip setelah kematian Tolkien di tahun 1973. Saya juga senang karena beliau mendapat penghargaan Bodley Medal tahun lalu, atas dedikasinya (dan seperti biasa, Christopher tidak bicara banyak soal itu). Tulisan yang saya buat untuk menyambut ulang tahun Christopher Tolkien yang ke-92 tahun lalu, buat saya, masih sangat relevan.

Christopher Tolkien telah menyunting dan menerbitkan 24 buku yang berasal dari manuskrip ayahnya, dimulai dari Sir Gawain and the Green Knight pada tahun 1975, hingga Beren and Luthien yang terbit tahun ini.

Have a nice retirement, Christopher. Thank you for everything you’ve done. We really appreciate years of your hard work and dedication. Where would we be without you?

Advertisements

3 thoughts on “Breaking News: Christopher Tolkien Mengundurkan Diri dari Tolkien Estate

  1. But first, Happy Birthday Day Christopher Tolkien!☺

    So much going on lately in our beloved fandom, especially on this month—November. One of my biggest concern regarding his leaving from Tolkien Estate is that we won’t see no more his editorial work on his father’s works such as The Fall of Gondolin, one of the three Great Tales of the Elder Days in Tolkien’s legendarium. It’s still on my waiting list to become a standalone book and at first thought he’s gonna make it. Suppose they eventually release the book, it will never be the same without him on board. We’ll miss you, Christian!

    Like

  2. hai kak. aku penggemar LOTR dari jaman masih sd. yah walaupun aku suka dari filmnya. buttt ketika aku baca bukunya wow bgt. bikin ketagihan karya opa tolkien ini. btw kak ulas tentang legolas juga yah thankyou :))

    Like

    1. Hai, Tecak, makasih ya udah mampir. Wah, iya, saya udah lama nggak update blog ini, soalnya akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 saya malah kebanjiran lemburan, haha. Tapi saya udah menyiapkan beberapa draft postingan sih, semoga bisa cepat saya selesaikan, dan semoga nanti bisa nemu materi yang menarik untuk nulis tentang Legolas dan Thranduil (ada yang minta ditulisin tentang Thranduil juga, haha, jadi harus banyak baca lagi deh saya 🙂 ).

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s