Breaking News: The Silmarillion Versi Bahasa Indonesia Akan Terbit November 2015


Oke, bagi yang sudah nanya-nanya melulu, ada kabar dari komunitas Indonesian Tolkien Society: The Silmarillion versi bahasa Indonesia akan terbit tanggal 26 November 2015.

silm ind2

Judul buku: The Silmarillion

Penerjemah: Tanti Lesmana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Harga: Rp 130.000 (mungkin berubah di toko luar Jakarta).

Seperti yang sudah sering saya ocehkan sebelumnya, The Silmarillion adalah kumpulan “sejarah” pendahulu dari berbagai peristiwa yang sudah kita ketahui di The Hobbit dan LOTR, seperti penciptaan Middle Earth, sejarah awal Elf dan Manusia, penciptaan permata Silmaril yang berbuntut perseteruan panjang antara Elf, hingga penciptaan Cincin Kekuatan (di buku ini sepertinya Elf tetap disebut Elf, beda dengan terjemahan awal LOTR dan The Hobbit yang menyebut Elf dengan Peri). Buku ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada LOTR dan The Hobbit, namun dengan proyek terjemahan bahasa Indonesia ini, semoga pembaca Indonesia bisa lebih mengapresiasi karya Tolkien dengan lebih mudah.

Tidak seperti Tales from the Perilous Realm edisi bahasa Indonesia, edisi terjemahan The Silmarillion ini tetap mempertahankan desain sampul berupa simbol heraldik Luthien, yang digambar sendiri oleh Tolkien, sama dengan sampul The Silmarillion bahasa Inggris edisi terbitan HarperCollins tahun 1999.

Siapkan uang Anda dan tunggu kabar selanjutnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s