Margrethe II: Ratu Denmark Pembuat Ilustrasi Buku-buku J. R. R. Tolkien


Margrethe II, ratu Denmark yang baru berulangtahun ke-75 bulan April lalu, dijuluki the coolest queen of the world, dan bukan tanpa alasan. Walaupun sudah tua dan rambutnya putih semua, Ratu Margrethe II jauh dari kata “ringkih.” Sikapnya gabungan antara keanggunan khas anggota keluarga kerajaan dengan kenyentrikan seniman, karena sang ratu sendiri memang seorang seniman, dan tak pernah berhenti berkarya bahkan setelah naik tahta pada usia 32 tahun hingga sekarang. Bahkan, di kalangan pecinta karya J. R. R. Tolkien, sang ratu dikenal sebagai ilustrator yang pernah mendapat pujian pribadi dari Tolkien sendiri. Gaya ilustrasi sang ratu sangat beragam mulai dari watercolor painting, ilustrasi cetak, hingga woodcut-style illustrations. Sebagai ilustrator, Margrethe menggunakan nama alias Ingahild Grathmer. 

Ilustrasi Ratu Margrethe di LOTR edisi folio; perhatikan nama aliasnya

Ratu bernama lengkap Margrethe Alexandrine Þórhildur Ingrid ini sudah menggemari seni melukis sejak remaja, terinspirasi oleh Tolkien. Pada awal tahun 1970-an, ketika ia masih seorang putri, Margrethe memutuskan untuk mencoba membuat ilustrasi untuk The Lord of the Rings. Setelah membuat beberapa gambar, ia mengirimkannya langsung ke Tolkien, yang berkomentar kagum bahwa gaya ilustrasi sang putri mirip dengannya (gaya menggambar sang ratu kemudian disebut sebagai “Tolkinisque”). Akan tetapi, baru pada tahun 1977 (4 tahun setelah kematian Tolkien dan 5 tahun setelah Margethe naik tahta), ilustrasi Margrethe berhasil menghiasi edisi terjemahan Denmark untuk The Lord of the Rings (judulnya menjadi Ringenes Herre), dan terbitan ulangnya pada tahun 2002, dimana tiap satu bab dihiasi dengan satu ilustrasi beliau.

Ilustrasi-ilustrasi Ratu Margrethe dari LOTR terbitan Denmark. Ayo, kira-kira dari bab mana saja?

Selain membuat ilustrasinya, sang ratu bahkan juga terlibat dalam upaya penerjemahan LOTR ke bahasa Denmark. Selain bahasa Denmark, Ratu Margrethe memang terkenal fasih berbahasa Inggris, Prancis, Swedia, dan Jerman.

Ilustrais sang ratu juga akhirnya muncul di The Lord of the Rings edisi Inggris, The Hobbit, dan buku LOTR edisi folio eksklusif dari The Folio Society. Margrethe II juga mengijinkan beberapa ilustrasi buatannya digunakan sebagai sampul kemasan CD milik The Tolkien Ensemble, grup musik Denmark yang melakukan interpreasi musikal untuk puisi-puisi dan syair yang muncul dalam LOTR.

Jiwa seni sang ratu bukan hanya terbatas pada membuat ilustrasi untuk LOTR. Pada tahun 2000, ilustrasi buatannya juga tampil dalam buku kumpulan puisi terbitan Denmark berjudul Cantabile. Sang ratu juga pandai merajut, merancang set panggung dan bahkan merancang busana, dan telah mendesain kostum untuk pertunjukan balet A Folk Tale produksi Royal Danish Ballet, serta kostum-kostum untuk film produksi sutradara Peter Flinth di tahun 2009, De Vilde Svaner (The Wild Swans) dimana beliau juga sempat tampil sebagai cameo. Beliau bahkan mendesain baju-bajunya sendiri, dan terkenal suka merancang gaun atau jubah yang berwarna-warni bahkan nyentrik. Karya-karya seni sang ratu kini bahkan mejeng di berbagai galeri seni di Denmark dan bahkan beberapa negara lain.

Smaug, versi Ratu Margrethe

Jadi, kreatif, nyentrik, punya banyak keahlian, dicintai, mampu menjaga keluarganya relatif bersih dari skandal, dan…fans berat Tolkien. Tidak salah jika Margrethe II dijuluki ratu terkeren sedunia🙂

Sumber:

Tolkien Gateway: Margrethe II of Denmark

World’s Coolest Queen: Margrethe of Denmark Turns 75

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s