Apa yang Ada di Dalam Tales from the Perilous Realm-nya Tolkien?

Gramedia Pustaka Utama sudah mengumumkan bahwa Tales from the Perilous Realm, karya kompilasi Tolkien, akan terbit pada bulan Agustus 2015, dengan judul yang diterjemahkan menjadi Kisah-kisah dari Negeri Penuh Bahaya. Bagi yang belum tahu, buku ini adalah kompilasi dari lima karya klasik Tolkien yang tidak berkaitan dengan dunia Middle Earth (kecuali satu), sehingga cocok dijadikan koleksi bagi Anda yang ingin menyelami karya-karya Tolkien lebih jauh selain Lord of the Rings dan The Hobbit. 

tales from perilous realm

Tebal buku: 459 halaman

Harga: Rp. 98.000,-

Penerjemah: Poppy D. Chusfani.

Buku kompilasi ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1997 oleh HarperCollins, namun versi barunya yang lebih lengkap dan dilengkapi ilustrasi buatan Alan Lee diterbitkan pada tahun 2008. Di dalam buku ini, Anda akan menemukan tiga cerita pendek, satu novelet, serta kumpulan enam belas buah puisi, dengan rincian sebagai berikut:

1. Roverandom. Ini adalah sebuah novelet (lebih pendek dari The Hobbit, tapi lebih panjang dari cerpen-cerpen yang ada di buku ini), dan berkisah tentang petualangan seekor anjing bernama Rover dalam menemukan sesosok penyihir yang telah mengubah tubuhnya menjadi mainan.

2. Farmer Giles of Ham (diterjemahkan menjadi Petani Penakluk Naga). Ini adalah cerpen tentang seorang petani gendut nan malas dan senang hidup santai, namun tanpa sengaja berhasil ‘mengusir’ sesosok raksasa yang nyelonong ke desanya (itu juga secara tidak sengaja). Akhirnya, penduduk desa jadi menganggapnya sebagai pahlawan dan memintanya mengusir seekor naga.

3. The Adventures of Tom Bombadill (diterjemahkan menjadi Petualangan Tom Bombadill). Ini adalah kumpulan enam belas puisi pendek yang mengisahkan tentang ragam petualangan Tom Bombadill, tokoh yang secara singkat ditemui Frodo dan kawan-kawan dalam LOTR.

4. Smith of Wootton Major (diterjemahkan menjadi Pandai Besi dari Wootton Major). Ini adalah cerpen tentang putra pandai besi yang tanpa sengaja menelan jimat asing dalam sepotong kue, dan akibatnya memeroleh kemampuan untuk menjelajah ke wilayah para peri (Faery).

5. Leaf by Niggle (diterjemahkan menjadi Daun Karya Niggle). Ini adalah cerpen yang berkisah tentang pelukis bernama Niggle yang berupaya menyelesaikan lukisan pohon dengan dedaunan yang sangat detail dengan obsesi sangat tinggi, walaupun dia hidup di tempat dimana warganya tidak menghargai seni.

Tales of the Perilous Realm edisi bahasa Inggris terbitan tahun 2008 menyertakan sebuah essay karya Tolkien berjudul On Fairy Stories, yang diterbitkan pada tahun 1947 dan menjabarkan filosofi Tolkien terkait fantasi, mitologi rekaan serta “kisah-kisah peri” sebagai salah satu bentuk literatur. Ilustrasi-ilustrasi indah buatan Alan Lee akan disertakan di dalam buku versi bahasa Indonesia ini.

Jadi, jika Anda ingin memiliki edisi bahasa Indonesia dari karya kompilasi ini, silahkan menunggu bulan Agustus dan ikuti informasi terbaru dari Gramedia Pustaka Utama.

Advertisements

4 thoughts on “Apa yang Ada di Dalam Tales from the Perilous Realm-nya Tolkien?

  1. Sudah beli, tapi belum sempat baca >___< aaa…

    Btw suka banget blog ini 🙂 Sampai ke sini via postingan "
    "Tolkien dan Pesona Ruang Kosong dalam Literatur Fiksi" 🙂

    Like

  2. Kak Putri, karyanya Tolkien selain TLOR, The Hobbit, The Silmarillion sama yg di atas, karya apa ada lagi yang sudah diterjemahin ke Indonesia?

    Like

    1. Halo, makasih sudah mampir. Sampai saat ini memang baru keempat buku ini, selain satu The Hobbit versi komik/graphic novel. Ada kabar Gramedia akan menerbitkan Children of Hurin versi Indonesia, tetapi mungkin masih lama karena The Silmarillion belum lama terbit.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s