Buku Baru J. R. R. Tolkien, ‘The Story of Kullervo,’ akan Terbit Agustus 2015


story of kullervo

Penerbit HarperCollins secara resmi mengumumkan bahwa The Story of Kullervo, salah satu karya Tolkien yang belum sempat diterbitkan hingga kematiannya, telah siap terbit pada bulan Agustus 2015. Seperti yang sudah pernah saya sampaikan di sini, J. R. R. Tolkien meninggal dunia dengan meninggalkan banyak manuskrip yang belum sempat diterbitkan, sehingga sang putra yaitu Christopher mulai menerbitkannya secara bertahap. The Story of Kullervo agak berbeda; buku ini pengeditnya bukan Christopher Tolkien, melainkan Profesor Verlyn Flieger, salah satu Tolkien scholar ternama dari University of Maryland yang sudah menerbitkan banyak karya tulis terkait Tolkien.

The Story of Kullervo merupakan kisah berbentuk prosa yang diadaptasi Tolkien dari satu bagian puisi saga Finlandia, Kalevala. Kullervo adalah tokoh tragis dalam saga tersebut; seorang anak yatim piatu yang hidup menderita namun memiliki kelebihan berupa kekuatan magis, namun kehidupannya tak henti-hentinya didera tragedi akibat ulah penyihir gelap Untamo yang membunuh ayahnya, menculik ibunya serta menjualnya sebagai budak, sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang guram dan pendendam. Kullervo juga merupakan karakter yang mengilhami Tolkien untuk menciptakan tokoh Turin Turambar dalam The Children of Húrin, karya lainnya yang tak kalah gelap dan tragis.

The Story of Kullervo sebenarnya sudah pernah muncul dalam Tolkien Studies Volume 7 (2010), salah satu seri dari Tolkien Studies, yaitu kompilasi jurnal akademik terkait karya-karya Tolkien. Uniknya, walau diterbitkan baru-baru ini, The Story of Kullervo sebenarnya ditulis Tolkien pada saat usianya baru 22 tahun, namun kisah ini bisa dibilang merupakan salah satu batu loncatannya dalam menciptakan legendanya sendiri, The Silmarillion. Dalam salah satu suratnya, ia berkomentar:

“The germ of my attempt to write legends of my own to fit my private languages was the tragic tale of the hapless Kullervo in the Finnish Kalevala. It remains a major matter in the legends of the First Age (which I hope to publish as The Silmarillion).”

The Letters of J. R. R. Tolkien, letter 257

Kesimpulannya? Tentu saja saya harus siap-siap nabung dari sekarang. Mari kita tunggu saja semoga tidak ada halangan dan bukunya bisa terbit dengan lancar.🙂

Sumber:

Carpenter, Humphrey. 2000. The Letters of J. R. R. Tolkien. Houghton Mifflin Harcourt.

New Tolkien Book: The Story of Kullervo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s